Jumat, 21 November 2008

Fenomena yang Tak Dapat Dijelaskan

Ilmu pengetahuan memang menakjubkan. Mampu menyibak beragam misteri kehidupan. Tapi tidak semua misteri kehidupan bisa dipecahkan. Masih banyak fenomena lain yang belum dapat terjawab oleh ilmu pengetahuan. Berikut merupakan sebagian dari fenomena yang belum terpecahkan :

Bigfoot

Selama puluhan tahun dilaporkan temuan mahluk besar berambut, berkaki besar dan meninggalkan jejak di sepanjang daerah di Amerika. Bahkan ada saksi matanya juga. Lucunya, tidak ada temuan berupa potongan organ tubuh sama sekali. Hanya berupa rekaman foto dan film. Sama dengan monster Loch Ness, Bigfoot oleh mayoritas orang dianggap hanya mitos. Secara ilmiah belum terbuktikan keberadaannya.

Déjà vu

Berasal dari bahasa Perancis yang artinya “pernah terlihat”, déjà vu adalah peristiwa dimana kita merasa pernah mengalami kejadian yang sama di masa silam. Nyaris semua orang mengalaminya. Ada yang menganggap sebagai pengalaman di kehidupan sebelumnya. Para psikolog mencoba menjelaskannya secara naturalistik. Tapi kejadian ini tetaplah misteri.

UFOs

Tak bisa disangkal bahwa begitu banyak orang bersaksi melaporkan keberadaan Unidentified Flying Objects (UFOs), Dari piring terbang hingga mahluk berkepala botak dengan mata memanjang. Para astronom percaya bahwa meteor berasal dari angkasa luar. Namun apakah ada mahluk hidup di luar sana? Sebuah pertanyaan yang belum dijawab oleh sains.

Mati suri

Pengalaman Nyaris Mati dan Hidup Sesudah Mati Di Indonesia dikenal istilah mati suri, mati sesaat lalu hidup kembali. Ternyata kejadian ini dialami oleh manusia di semua benua di dunia. Pengalaman ini rata-rata berkisah tentang sinar yang menyilaukan yang dijumpai saat menuju ke alam baka. Kaum skeptis menganggapnya hanya sebagai halunisasi. Orang yang relijius meyakini bahwa sinar itu adalah Tuhan. Penjelasan ilmiahnya? Belum ada.

Dengungan Taos

Penduduk dan pengunjung kota kecil Taos di New Mexico selama bertahun-tahun diganggu oleh dengungan aneh. Suara berfrekuensi rendah tersebut mengumandang di sepanjang udara gurun pasir. Uniknya, hanya 2 persen dari penduduk setempat yang mendengar suara itu. Sebagian orang meyakini suara itu disebabkan oleh getaran yang tidak biasa. Hingga hari ini misteri dengungan aneh ini belum juga terpecahkan.

Monster Loch Ness

Monster Loch Ness, terkadang disebut dengan Nessie (Bahasa Skotlandia: Niseag), adalah hewan misterius dan belum teridentifikasi, atau sekelompok hewan, yang dianggap mendiami sebuah loch di Skotlandia, Loch Ness, loch air tawar terbesar (berdasarkan volume) di Inggris Raya. Nessie biasanya dikategorikan sebagai monster danau.

Bersama dengan Bigfoot dan Yeti, Nessie adalah salah satu misteri yang sangat terkenal dari kriptozoologi. Sebagian besar ilmuwan dan para ahli lainnya menemukan bukti-bukti yang mendukung Nessie sebagai tidak cukup memadai dan menganggap laporan-laporan penampakannya sebagai hoax atau salah identifikasi. Akan tetapi, masih banyak orang yang menggap hewan ini benar-benar ada, dengan teori yang paling populer menggapnya sebagai seekor plesiosaurus yang tinggal di danau loch ness.

Pada tanggal 31 Mei 2007, Gordon Holmes mengaku berhasil memvideokan monster Loch Ness yang selama ini menjadi teka-teki karena belum ada yang berhasil membuktikan keberadaannya

Yeti

Yeti atau Manusia Salju yang Menakutkan adalah sejenis primata besar yang menyerupai manusia yang menghuni wilayah pegunungan Himalaya di Nepal dan Tibet. Nama Yeti dan Meh-Teh umummnya digunakan secara luas oleh masyarakat di wilayah tersebut,  dan dianggap sebagai kisah sejarah dan mitos yang masih misterius. Orang-orang Nepal juga menyebutnya "Bonmanche" yang berarti "manusia liar" atau "Kanchanjunga rachyyas" yang berarti "Iblis Kanchanjunga."

Atlantis Kota yang Hilang

Pakar Amerika Robert Samast mengklaim telah menemukan kota kuno Atlantis yang hilang itu, dibawah laut antara pulau Cyprus dan Syria. Kata Samast dalam sebuah wawancara pers, dia telah menemukan bangunan buatan manusia, satu setengah km dibawah permukaan laut, kira-kira 80 km dari lepas pantai Cyprus. Kata Samast, foto-foto yang dibuat dengan menggunakan gelombang sonar menunjukkan adanya sebuah tembok batu sepanjang tiga kilometer dan juga terdapat celah-celah yang dalam di dasar laut. Terdapat beberapa teori yang bertentangan tentang dimana Atlantis terletak, ataupun apakah Atlantis memang pernah ada. Sebagian pakar sejarah mengatakan, Atlantis mungkin dihancurkan oleh banjir besar yang melanda kawasan laut tengah kira-kira 10,000 tahun yang lalu.

Bola Cahaya Marfa

Disebut juga “Bola Cahaya Hantu”. Pertama kali terlihat tahun 1880 di sebelah barat kota Marfa, Texas. Cahaya itu dideskripsikan sebesar bola basket, melayang dengan ketinggian pundak manusia. Biasanya berwarna putih, kuning, orange, merah, dan kadang-kadang biru atau hijau. Bola-bola itu biasa terbang mengelilingi daerah tertentu, kemudian menghilang dengan sendirinya. Hingga hari ini, cahaya itu masih sering tampak. Tidak ada penjelasan, apa sebenarnya cahaya-cahaya itu.

Label:

5 Komentar:

Blogger neoanderson mengatakan...

Deja Vu tiap hari normal gk yah?

22 November 2008 pukul 03.23  
Blogger Runi mengatakan...

gatau jg deh, gw ga pernah deja vu hehehe

22 November 2008 pukul 03.33  
Blogger iqbal mengatakan...

kayanya gw penah baca nih artikel?
hmmmm.. kaskus yaaa? hehe

22 November 2008 pukul 05.15  
Blogger karmelia mengatakan...

gw udah pernah liat big foot dong.
(tapi di tv) hehehe

22 November 2008 pukul 18.46  
Blogger lola mengatakan...

waah penasaran sama bigfoot!! apa bener ada ya?

24 November 2008 pukul 02.39  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda

calvin and hobbes dancing calvin hobbes